Kenali Jenis-Jenis Lentigo!


Seiring bertambahnya usia, Anda mungkin melihat bintik-bintik cokelat atau hitam muncul di kulit Anda. Bintik-bintik ini sering terjadi pada daerah yang terpapar sinar matahari seperti wajah dan punggung tangan Anda. Mereka disebut lentigine, atau bintik-bintik hati. Ini disebut lentigo karena bintik-bintik dapat menyerupai lentil dalam warna.

Sebuah lentigo adalah dapat tumbuh sangat lambat selama bertahun-tahun, atau dapat muncul tiba-tiba. Beberapa tempat disebut lentigine.

Jenis Lentigo
Ada beberapa jenis lentigine. Jenis-jenis ini didasarkan pada penyebab dan di mana mereka muncul di tubuh Anda:
  • Lentigo simplex adalah jenis yang paling umum . Bintik-bintik muncul di batang, lengan, dan kaki Anda. Lentigo simpleks sering dimulai saat lahir atau selama masa kanak-kanak. Bintik-bintik dapat hilang dalam waktu.
  • Solar lentigo disebabkan oleh paparan radiasi ultraviolet dari matahari. Jenis ini umum terjadi pada orang di atas usia 40 , tetapi orang yang lebih muda juga bisa mendapatkannya. Itu terjadi ketika radiasi UV menyebabkan sel berpigmen yang disebut melanosit di kulit bertambah banyak. Solar lentigo muncul di area tubuh yang terpapar sinar matahari, seperti wajah, tangan, bahu, dan lengan. Bintik-bintik itu dapat tumbuh seiring waktu. Solar lentigine kadang-kadang disebut bintik hati atau bintik usia.
  • Tinta lentigo muncul setelah kulit terbakar pada orang yang memiliki kulit berpigmen lebih ringan.
  • PUVA lentigo dimulai setelah terapi psoralen dan ultraviolet A (PUVA), yang digunakan untuk mengobati kondisi seperti eksim dan psoriasis.
  • Tanning bed lentigo muncul setelah paparan tanning bed dalam ruangan.
  • Radiasi lentigo terjadi di area kulit yang telah terpapar radiasi - misalnya, dari perawatan kanker.

Beberapa sindrom yang diturunkan juga dapat menyebabkan lentigo, termasuk:
  • Sindrom Bannayan-Riley-Ruvalcaba: Kondisi ini menyebabkan kepala lebih besar dari normal, tumor non-kanker, dan bintik-bintik hitam pada tubuh.
  • Sindrom Cowden: Gangguan ini menyebabkan banyak pertumbuhan non-kanker yang disebut hamartoma terbentuk di tubuh.
  • Sindrom Noonan: Kondisi ini menyebabkan lentigine terbentuk di berbagai bagian tubuh.
  • Sindrom Peutz-Jeghers: Kondisi ini menyebabkan pertumbuhan non-kanker terbentuk di lambung dan usus. Anak-anak dengan Peutz-Jeghers sering mendapatkan bintik-bintik hitam kecil di wajah mereka.
  • Xeroderma pigmentosum: Sindrom ini membuat orang lebih sensitif terhadap sinar UV dari sinar matahari.

Gejala
Lentigo menyebabkan bintik-bintik datar muncul di tubuh. Bintik-bintik ini biasanya berwarna cokelat, cokelat, atau hitam. Mereka mungkin memiliki tepi yang bulat atau tidak rata.

Lentigine dapat muncul di berbagai area tubuh Anda, tergantung pada penyebabnya. Mereka tidak gatal atau menyebabkan gejala lain.

Apa penyebabnya?
Paparan radiasi UV dapat menyebabkan lentigo. Anda lebih mungkin mendapatkan kondisi ini jika:
  • memiliki kulit putih
  • telah terpapar sinar matahari banyak, atau telah mengalami beberapa sengatan matahari
  • tan di dalam ruangan
  • pernah menjalani fototerapi atau terapi radiasi

Dalam kasus lain, sindrom turunan dapat menyebabkan lentigine. Orang-orang dari segala usia dan kedua jenis kelamin bisa mendapatkan lentigine.

Bagaimana cara mendiagnosisnya?
Meskipun lentigine biasanya tidak berbahaya, mereka layak diperiksa oleh dokter kulit untuk memastikan Anda tidak memiliki kanker kulit. Kadang-kadang suatu lentigo dan kanker kulit melanoma sulit untuk dibedakan.

Dokter Artria memulai dengan memeriksa bintik-bintik pada kulit Anda. Untuk memastikan bintik-bintik itu bukan kanker kulit, Anda mungkin perlu biopsi. Selama tes ini, dokter akan membasmi area kulit yang terkena dan kemudian menghapus bagian kecil dari tempat itu. Jaringan akan pergi ke laboratorium untuk diperiksa kanker dan kondisi kulit lainnya.

Mengobati lentigo
Lentigine biasanya bukan merupakan penyebab masalah medis, sehingga tidak perlu dirawat. Namun, beberapa mungkin memilih untuk meringankan atau menghilangkan lentigine karena alasan estetika.

Untuk meringankan atau menghilangkan lentigin, dokter kulit Anda mungkin merekomendasikan salah satu dari perawatan ini:
  • obat-obatan seperti krim pemutih yang mengandung hidrokuinon atau retinoid (tretinoin)
  • kulit kimia
  • terapi sinar laser atau intens untuk menghancurkan melanosit
  • pembekuan (cryotherapy) untuk menghancurkan melanosit

Mencegah lentigo
Untuk mencegah lentigo, cobalah untuk menghindari paparan sinar matahari, terutama pada jam-jam puncak matahari antara jam 10 pagi dan jam 2 siang. Saat Anda pergi ke luar di bawah sinar matahari, selalu kenakan tabir surya dengan perlindungan UVA / UVB. Selain itu, kenakan pakaian pelindung matahari dan topi bertepi lebar.

Subscribe to receive free email updates: