Plantar Callus: Yang Harus Anda Ketahui


Apa itu kalus plantar?
Kapalan plantar atau callus adalah kulit yang keras dan menebal yang terbentuk di permukaan bagian bawah kaki Anda (sisi plantar). Kapalan plantar umumnya terjadi pada plantar fascia. Ini adalah pita tebal jaringan yang menghubungkan tulang tumit Anda dengan jari kaki dan bola kaki. Mereka mungkin merasa tidak nyaman, tetapi mereka sangat bisa diobati.

Kapalan plantar sangat umum. Mereka tidak memprihatinkan kecuali gejala-gejala bermasalah tertentu muncul di sampingnya.

Apa saja gejala kalus plantar?
Kulit kalus plantar berwarna abu-abu atau kekuningan. Kulit juga mungkin terasa keras, kasar, kering, dan bersisik. Mungkin menyakitkan ketika tekanan langsung diterapkan ke daerah tersebut.

Kapalan plantar bisa besar, meliputi rentang lebar tumit atau bola kaki. Bagaimana kapalan plantar berbeda dari pertumbuhan kulit lainnya Karena seberapa banyak kita menggunakan kaki kita setiap hari, mereka rentan terhadap banyak pertumbuhan yang berbeda. Anda mungkin tidak yakin apakah Anda telah mengembangkan jagung atau plantar wart di kaki Anda, bukan kalus.

Jagung adalah sepetak kecil kulit yang menebal dengan sumbat di tengahnya. Jagung biasanya tumbuh di bagian atas dan samping jari kaki.

Kutil plantar, di sisi lain, sering ditemukan di bagian bawah kaki. Kutil memiliki penampilan seperti bunga kol, dengan titik-titik hitam kecil di tengahnya. Kutil plantar mungkin berdarah saat Anda berjalan di atasnya.

Plantar wart tidak memiliki lecet kulit (lekuk berukir) ketika mereka berkembang di kaki. Plantar warts paling menyakitkan ketika tekanan sisi ke sisi diterapkan, sedangkan kapalan plantar dapat menyebabkan rasa sakit ketika tekanan langsung diterapkan ke daerah tersebut.

Apa yang menyebabkan kapalan plantar? ini penjelasan Artria
Kapalan terbentuk ketika sering terjadi tekanan atau gesekan pada area tertentu. Inilah mengapa kapalan sangat umum di kaki kita, yang menopang berat badan kita. Kapalan membentuk sebagai perlindungan bagi kulit terhadap tekanan ini.

Mengenakan sepatu yang tidak pas dengan kaus kaki tipis atau tanpa kaus kaki, misalnya, dapat menyebabkan tekanan berlebih pada kaki. Sepatu hak tinggi, yang paling sering dirancang untuk mode dan bukan kenyamanan atau kepraktisan, seringkali merupakan pelanggar terburuk.

Tingkat aktivitas yang tinggi, terutama yang memberi tekanan pada kaki, juga dapat berkontribusi terhadap kapalan plantar. Pelari dan atlet, misalnya, atau mereka yang berjalan alih-alih mengemudi lebih rentan terhadap kapalan plantar.

Ada bukti bahwa merokok dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkan kapalan pada kaki. Hal ini diduga disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di ekstremitas yang disebabkan oleh merokok. Hal ini dapat menyebabkan penurunan atau atrofi jaringan subkutan. Akhirnya, ini dapat menyebabkan peningkatan kontak antara tulang dan kulit, menciptakan lebih banyak kapalan.

Kelainan bentuk tulang juga bisa bertanggung jawab. Kadang-kadang, kelainan bentuk tulang akan mengakibatkan tekanan berlebih diterapkan pada area kaki tertentu, terutama jika gaya berjalan seseorang diubah sebagai akibat kelainan bentuk itu.

Kapan harus ke dokter
Kapalan plantar, meskipun tidak nyaman, tidak secara otomatis menjamin kunjungan ke dokter. Namun, dalam beberapa kasus, Anda harus membuat janji dengan dokter umum atau ahli penyakit kaki Anda. Contoh-contoh ini termasuk:
  • Jika Anda memiliki diabetes, penyakit jantung, atau masalah peredaran darah. Jika Anda memiliki salah satu dari kondisi ini, Anda memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi. Jika Anda memiliki kerusakan saraf akibat diabetes, ini bisa berbahaya. Buat janji dengan dokter Anda segera jika Anda memiliki salah satu dari kondisi ini dan Anda mengalami perubahan pada kaki Anda.
  • Kalus Anda memiliki cairan bening atau nanah. Ini adalah tanda bahwa kalus terinfeksi atau mengalami ulserasi dan membutuhkan penanganan segera.
  • Jika kapalan plantar Anda berulang. Podiatris atau ahli bedah ortopedi Anda dapat membantu Anda menentukan mengapa kapalan Anda terus kembali.
  • Jika Anda perhatikan bahwa kalus Anda berwarna merah, sangat menyakitkan, atau hangat saat disentuh. Gejala-gejala ini dapat menandakan infeksi.

Bagaimana cara merawat kalus plantar?
Kebanyakan kapalan plantar dapat dirawat di rumah. Rendam kaki Anda dalam air hangat selama setidaknya sepuluh menit, dan gunakan pelembab dan lotion tebal setelah kulit kering dapat membantu melembutkan kalus. Anda juga dapat menggunakan batu apung atau file logam untuk memotong kalus. Perawatan ini paling efektif setelah merendam kaki Anda dalam air hangat.

Sisipan pad sepatu dan sepatu dengan dukungan dan bantalan lebih banyak juga dapat digunakan untuk mengurangi tekanan pada area yang bermasalah.

Jika perawatan di rumah tidak efektif, dokter dapat membantu Anda merawat kalus plantar Anda. Dokter Anda memiliki dua metode utama untuk mengobati kapalan plantar. Yang pertama adalah menghapus kulit tebal kalus dengan pisau bedah. Yang kedua adalah untuk menerapkan patch atau krim yang mengandung asam salisilat 40 persen ke kalus. Yang terakhir ini paling efektif ketika digunakan kembali setiap hari, dan ketika digunakan setelah menggunakan batu apung atau file logam untuk menghapus kalus.

Untuk mencegah kapalan plantar dalam jangka panjang, dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk memakai sepatu jenis lain yang lebih cocok untuk Anda.

Subscribe to receive free email updates: